Friday, April 7, 2017

Wisata Ranu Kumbolo!! Pendakian Menuju Puncak Semeru Mahameru

Taukah kamu kalo ada filosofi mengatakan kalau sifat asli  seseorang akan muncul disaat mendaki gunung? Apalagi kalau mendaki gunung seperti gunung semeru mahameru, dimana puncaknya sendiri memiliki ketinggian 3,676 meter di atas permukaan laut. Nanti di dalam perjalanan kamu akan tau mana yang egois, mana yang tulus dan mana yang apatis.


Semua itu akan kelihatan dan kamu akan bisa mengenali mana teman kamu dan mana yang benar-benar teman kamu. Karena rasa capek, dingin, dan lelah saat pendakian membuat ego akan muncul ke permukaan. Mendaki gunung bukanlah untuk menaklukan alam melainkan untuk menaklukan diri kita sendiri, begitulah kata mereka yang sudah sering menjajah ketinggian.



Wisata Semeru Mahameru


Wisata semeru


Gunung semeru yaitu salah satu gunung tertinggi di pulau jawa dan terkenal dengan puncak Mahameru nya, merupakan Gunung berapi yang masih aktif, sudah saya sebutkan diatas kalau tinggi gunung semeru itu sendiri sekitar 3.676 M diatas permukaan laut. Sangat tinggi kan? Maka tidak heran kalo semeru ini sering dijadikan objek untuk pendakian.


Letak geografis gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang dengan posisi koordinat antara 8°06' LS dan 120°55' BT. Untuk bisa menaiki gunung semeru mahameru pulang-pergi, kita perlu waktu kurang lebih 4 hari perjalanan. Kalau dihitung dari pusat Kota Lumajang, dari lumajang setelah 20 menit dari sana kita akan sampai di Desa Senduro lalu selanjutnya nanti kita akan diharuskan untuk melewati hutang yang sangat lebat.


Setelah kita keluar melewati hutan nanti kita akan tiba di Desa Ranu Pani, di sinilah letak pos pendakian berada. Sampai disini kita wajib untuk membuat surat ijin pendakian lengkap dengan berkas yang harus dibawa seperti asuransi jiwa. Setlah kita melengkapi surat dan berkas yang ada barulah kita harus mempersiapkan 1 hal yang tak kalah penting yaitu Mental dan Tenaga guna untuk membuat kita bisa sampai di puncak semeru mahameru.


Namun kalau diarasa kita terlalu lelah saat perjalanan sebelumnya maka kita juga diperbolehkan untuk istirahat terlebih dahulu ataupun kita juga bisa menginap di posnya dulu. hal ini pun diperbolehkan oleh sanga petugas pos guna untuk mempersiapkan diri kita sebelum mendaki.


pendakian wisata semeru


Saat berada di awal jalur pendakian gunung semeru nanti kita akan melihat gapura yang bertuliskan selamat datang, sampai disini kamu teruslah mengikuti jalur yang sudah ada dan disediakan oleh para petugas. Ada 2 jalur yang bisa dipilih dan bisa digunakan namun saya sarankan untuk menggunakan jalur yang aman saja karena itu lebih baik.


Karena jalur yang satu lagi itu sangat curam sekali dan jalur ini biasa digunakan oleh para pendaki lokal saja, yang perlu diperhatikan saat melakukan pendakian terutama gunung semeru ini adalah kita harus berhati-hati dan utamakan keselataman. Silahkan berhati-hati dalam melakukan perjalanan karena selain tidak ada petunjuk arah juga banyak terdapat pohong yang tumbang.


Puncak Mahameru Semeru


puncak mahameru semeru


puncak mahameru


Wisata Ranu Kumbolo


wisata ranu kumbolo


Pada saat di ketinggian 2,390 m diatas permukaan lau antara Ranu Pani dan Gunung Semeru, kamu akan menjumpai danau yang begitu indah namanya Danau Ranu Kumbolo, secara riwayat geologi Ranu Kumbolo ini terbentuk dari kawah Gunung Jambangan yang memadat dan menampung air secara otomatis dan membuat airnya tidak tumpah kebawah. Wisata Ranu Kumbolo hingga kini menjadi potensi objek wisata yang menarik.


Yang menjadi daya tarik dari wisata Ranu Kumbolo adalah pada lapangan dia atas gunung terdapat danau atau telaga yang memiliki air yang jernih sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pesona tempat ini. Namun buat para pendaki, sampainya di Ranu Kumbolo lmerupakan tempat pemberhentian untuk istirahat sambil mempersiapkan pendakian di perjalanan berikutnya.


Daya tarik yang lain dari wisata Ranu Kumbolo ini di pinggir bagian sebelah barat danau ini terdapat peninggalan prasasti yang diduga prasasti ini merupakan peninggalan dari jaman kejayaan Kerajaan Majapahit, namun sampai saat ini masih belum ada kepastian lebih lanjut.


wisata ranu pani


Wisata Ranu Kumbolo ini merupakan salah satu wisata dari 3 telaga air lainnya yang terdapat di wisata gunung semeru. Antara lain adalah:


  • Wisata Ranu Pani
  • Wisata Ranu Regulo dan
  • Wisata ranu Kumbolo

Arti dari kata Ranu sendiri memiliki makna yang berarti Telaga. Sedangkan untuk kata Kumbolo sendiri mungkin dari gunung Regulo, gunung yang berada di jajaran gunung Bromo, Tengger, Semeru sebelum ke puncak Mahamerunya.


Perjalanan berikutnya dari wisata semeru adalah adalah pergi ke arah kali mati, kali mati merupakan padang rumput luas yang berada di tepi hutan cemara, sehingga kamu akan banyak menmukan ranting-rantingt pohon yang bisa kamu gunakan untuk menyalakan api unggun. Ditempat ini juga biasa digunakan oleh paran pendaki untuk beristirahat dengen mendirikan kemah sejenak. Dengan melakukan sedikit perjalanan lagi kamu akan sampai di Arcopodo.


Nah, sesampainya di Arcopodo ini, dari sini sampai ke puncak mahameru diperlukan waktu dari 3 sampai 4 jam, melewati berbagai rintangan seperti bukit pasir yang mudah merosot. Untuk pendakian menuju puncak Semeru, ada baiknya semua barang bawaan di tinggal di Arcopodo ataupun di Kalimati. Sedangkan pendakian menuju puncak mahameru bisa dilakukan pagi-pagi sekali sekitar pukul 02:00 dari kedua tempat tersebut.


Selain guna kita bisa sempat untuk menikmati matahari terbit juga guna untuk menghindari gas beracun, karena kalo pendakian menuju puncak semeru mahameru kita lakukan di siang hari maka angin akan cenderung berhembus ke arah utara menuju puncak dan angin tersebut akan membawa gas beracun dari kawah Jonggring Saloko.


Sebelum melakukan pendakian ada filosofi yang harus dipegang yaitu:


  1. Jangan mengambil apapun selain gambar
  2. Jangan meninggalkan apapun selain jejak dan
  3. Jangan membunuh apapun selain waktu!

Yap itu dia ulasan saya mengenai Wisata Ranu Kumblo! Pendakian Menuju Puncak Semeru Mahameru. Sekian dulu dan Salam Lestari !!

Friday, March 24, 2017

Lezatnya Makanan Khas Turki Ini Akan Bikin Kamu Ngiler!!

Setiap negara pasti punya makanan khas sendiri, begitu pula dengan turki. Sekarang saya akan membahas mengenai Makanan Khas Turki yang bisa bikin kamu ngiler. Don’t lick, but chew. Begitulah slogan toko es krim Mohamed Kambur. Jika umumnya, es krim terasa halus, es krim yang diproduksi oleh Mohammed Kambur merupakan es krim yang renyah, kasar, dan kental.


Ketika kita menambahkan kuning telur pada campuran es krim dan mengaduknya secara konstan sementara adonan es krim tersebut membeku. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah es mengkristal. Namun, bagaimana jika es krim tersebut kasar, renyah, atau kental?


Makanan Khas Turki


makanan khas turki


Es krim khas turki ini, Dondurma, makanan khas turki satu ini memiliki tekstur yang kasar, renyah, serta kental. Hal ini pulalah yang membedakan es krim turki dengan es krim lain. Selain kasar, renyah, dan kental, es krim yang satu ini juga tidak mudah meleleh. Unik bukan? es krim ini adalah salah satu makanan khas turki dengan keunikannya yang tidak bisa meleleh.


Hal tersebut disebakan adanya pencampuran salem yang merupakan tepung yang terbuat dari akar Anggrek Early Purpledan serta mastic yaitu merupakan resin yang menjadikan dondurma menjadi kenyal. Selain itu, mastic juga menjadikan es krim terasa manis dan resin menimbulkan wangi aromatik pada Dondurma.


Es Krim Yang Tidak Bisa Meleleh, Gimana Rasanya Coba??


makanan khas turki es krim dondurma


Dondurma biasanya dijual di gerobak keliling atau toko di depan jalan. Untuk menjaga ketahanan dondurma agar tetap kenyal, pedagang Dondurma mengaduk Dondurma dengan tongkat secara teratur. Terkadang, penjual Dondurma juga sering menggoda konsumen dengan menyajikan es krim cone tersebut pada sebuah tongkat kemudian mengambil kembali es krim cone tersebut dengan tongkat lain ketika konsumen hendak mengambil es krim tersebut. Cara penyajian seperti inilah justru menjadi salah satu daya tarik Dondurma.


Dondurma merupakan salah satu contoh makanan khas turki yang berbahan dasar susu. Selain Dondurma, makanan khas turki berbahan dasar susu umumnya diolah dalam bentuk puding, salah satunya adalah keskul yang merupakan pudding susu yang dicampur dengan kelapa. Selain pudding, makanan khasTurki berbahan dasar susu ada pula yang diolah dengan dipanggang, misalnya puding nasi panggang yang disebut juga Firin Sutlac.


Makanan Khas Turki Firin Sutlac, Mirip Terang Bulan Yaa??


makanan khas turki firin sutlac


Sutlac merupakan susu yang dimasak dengan podeng puding nasi. Dalam pembuatan Sutac, susu dicampur dengan gula, nasi putih yang telah masak dan kanji. Setelah itu, campuran tersebut dioven hingga berwarna keemasan. Sutlac merupakan makanan pencuci mulut favorit segala kalangan dan usia. Tidak hanya di rumah, Sutlacpun disajkan di restoran daging dan ikan, serta café yang menjual makanan pencuci mulut.


Ini Pudding Ashure Lhoo, Kok Kayak Bubur Yaa?? Duh Bingung!


makanan khas turki ashure


Selain sutlac dan keskul, ada pula puding turki yang memiliki nama Asure. Ternyata Asure merupakan makanan pencuci mulut tertua di dunia. Pencuci mulut klasik Turki inipun juga melambangkan keanekaragaman. Puding Asure umumnya disajikan setelah bulan Asyura dan dimasak dengan bahan-bahan sehat lainnya seperti gandum, acang-kacangan, dan buah yang telah dikeringkan.


Selain makanan khas turki yang terbuat dari bahan dasar susu, Turki memiliki makanan khas lainnya, misalnya makanan khas turki yang berbahan dasar buah dan sayuran. Banyak buah segar atau kering yang dimasak dalam setrup hingga menghasilkan cairan yang juga sama pentingnya dengan buah itu sendiri. Makanan pencuci mulut yang terbuat dari aprikot atau daun ara umumnya diberikan topping berupa cream atau walnut.


Tavuk Gogsu, Dari Dada Ayam Tapi Mirip Es Krim!!


makanan khas turki tavuk gogsu


Makanan khas Turki lainnya yaitu dada ayam yang disebut Tavuk Gogsu. Ya, jika ayam umumnya disajikan sebagai menu utama, Turki juga mengolah dada ayam untuk dijadikan makanan pencuci mulut. Mungkin pada awalnya akan terasa aneh, namun setelah mencicipi pencuci mulut berisi suiran dada ayam ini, dijamin, nagih.


Pencuci mulut Turki selanjutnya berbahan dasar kue kering, seperti Baklava, kadayif, Revani, Hanim gobegi, Sekerpare, Yogurt tatlisi Baden tatlisi, dan Lokma.


Kue Kering Baklava


makanan khas turki baklava


Dari sekian makanan khas turki diatas, manakah makanan yang menjadi favoritmu dan pengen sekali untuk kamu coba?? makanya, berwisatalah ke turki untuk bisa menikmati hidangan mantap nan lezat diatas. Pasti yang kamu tau soal makanan khas turki cuman kebab doang bukan? Hayoo, ngaku? padahal bukan hanya kebab saja lhoo, masih banyak makanan yang lainnya yang tentu saja turki punya!

Friday, March 17, 2017

Wisata Magetan! Menyusuri Keindahan Telaga Sarangan

Dingin dan menusuk, itulah apa yang akan kamu rasakan jika kamu berkunjung ke salah satu wisata yang ada di magetan. Namanya Telaga Sarangan, yang merupakan danau yang memiliki diameter cukup luas. Telaga sarangan ini juga biasa disebut dengan nama telaga pasir. Sebuah telaga alam yang letaknya berada di kaki Gunung Lawu di daerah Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.


Wisata Telaga Sarangan Magetan sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur atau travelling. Mengingat tempatnya yang begitu dingin dengan suhu diantara 18-25 derajat celcius, sebelum melakukan keberangkatan kita wajib bersiap-siap membawa pakaian yang cukup tebal.  Selain mempersiapkan pakaian yang ada kita pun harus siap secara fisik, tidak lucu kan sampai disana justru kita malah menjadi sakit?


Wisata Magetan! Menyusuri Keindahan Wisata Telaga Sarangan


wisata telaga sarangan magetan


Meski letak wisata Telaga Sarangan ini berada di kaki Gunung Lawu,  jangan kira tempatnya tidak tinggi lhooo karena lokasi telaga sarangan ini berada di ketinggian sekitar 3.265m diatas permukaan laut. Meski tinggi telaga sarangan ini memiliki keindahan alam pegunungan yang menyejukkan mata.


Rasanya tidak akan lengkap jika kita berlibur ke kabupaten Magetan yang ada di Jawa Timur tanpa mengunjungi wisata magetan yang satu ini. Karena wisata sarangan magetan merupakan tempat wisata yang menjadi andalan dari wilayah Jawa Timur Bagian Barat dan merupakan tempat yang wajib untuk kita singgahi.


Lokasi Wisata Telaga Sarangan Magetan


Untuk lokasi wisata Telaga Sarangin ini letaknya berjarak sekitar 16 Km dari arah bagian barat kota magetan dan sekitar sejauh 5 Km jika dari arah tawangmangu. Telaga sarangan ini juga memiliki luas seitar 30 hektar dan untuk danaunya mempunyai kedalaman berkisar 28 meter.


Menyusuri Pesona Sarangan Magetan Dengan Naik Kapal Boat


boat wisata telaga sarangan


Ada 3 cara agar kita bisa menyusuri keindahan yang ada di wisata sarangan, yaitu antara lain dengan:

  • Berjalan kaki
  • Menyewa Boat dan
  • Menyewa Kuda

Supaya kita tidak capek kita bisa menyewa boat yang ada di sekitar pinggiran telaga, untuk harga sewa boat di sarangan pun cukup murah. Dengan harga Rp 60.000, dan 1 boat bisa dinaiki oleh sekitar 5 sampai 6 orang. Dengan harga sewa segitu adalah harga satu putaran mengelilingi telaga dan itu adalah tarif yang sudah ditentukan oleh paguyuban, jadi semua sewa harganya pasti sama.


Asiknya Sewa Kuda di Wisata Sarangan


Jika kita lebih memilih untuk menikmati keindahan wisata sarangan dengan santai kita pun juga bisa menyewa kuda dengan harga yang sedikit lebih murah dibandingan dengan harga sewa speed boat. Yaitu untuk harga sewa kuda di sarangan dipatok dengan harga Rp 50.000, dan itu adalah harga untuk satu putaran telaga. Tarif sewa kuda sarangan pun juga didasarkan atas kesepakatan paguyuban jasa kuda dan dihitung berdasarkan panjangnya rute yang kita tempuh dan fasilitas kuda yang aman.


naik kuda di wisata magetan sarangan


Jika kita lebih memilih untuk sewa kuda, nanti kita akan bisa dengan tenang menikmati hamparan hutan pinus yang ada di sekitar kita. Pesona suasana yang sejuk berjalan menyusuri telaga di lereng gunung. Jika berkunjung wisata disini kita lebih memilih untuk menginap di hotel sekitar sarangan kita pun bisa memanfaatkan waktu pagi hari dengan cara berolahraga mengelilingi sarangan. Pasti asik bukan?


Menikmati Sate Kelinci di Dekat Wisata Telaga


boat wisata telaga sarangan


Pesona lain yang unik dari telaga sarangan adalah kita bisa menikmati makanan khas yang ada di telaga sarangan ini, yaitu menikmati nikmatnya sate kelinci yang dijajakan oleh penjual yang ada di sekitar telaga. seperti makanan sate pada umumnya, sate kelinci ini dihidangkan dengan lontong dan sambal kacang. Untuk harga satu porsi sate kelinci sarangan hanya Rp 10.000 saja.


Namun jika kamu adalah salah satu pecinta hewan yang sangat tidak suka jika hewan imut nan lucu seperti kelinci dijadikan sate maka kamu bisa menikmati makanan yang lainnya seperti bakso atau jajanan ringan biasa.


Lokasi Hotel di Sarangan


Di sekitar lokasi Telaga Sarangan terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Jika kita memang berniat untuk booking hotel di sarangan ada hal yang tidak boleh kita lewatkan sedikitpun yaitu menikmati indahnya panorama telaga sarangan saat malam hari. Di jamin exotis banget apalagi bila ditemani malam berbintang yang tidak ada mendung. Pasti sangat indah jadinya.


Untuk bisa menikmati fasilitas hotel ataupun penginapan yang ada sekitar Telaga Saragan ini kita bisa menyiapkan kocek yang lumayan karena harga hotel di sarangan memiliki harga yang bervariasi. Mulai dari hotel yang memiliki tarif Rp 60.000 sampai Rp75.000 atau bahkan dengan tarif Rp 1.500.000 setiap 24jam pokoknya harga segitu juga ada deh, tinggal lihat aja isi dompet kita berapa.


Membeli Berbagai Macam Souvenir dari Sarangan


Saat berkunjung ke sarangan kita pasti akan menjumpai berbagai fasilitas obyek wisata, misalnya seperti rumah makan, pasar wisata, tempat bermain, sarana telepon umum, tempat parkir, tempat ibadah, dan taman. Lalu yang tak kalah penting lainnya adalah tempat berjualan souvenir dimana kita bisa membeli berbagai macam-macam oleh-oleh disini.


Tempat ini adalah tempat yang tidak boleh kita lupakan untuk membeli oleh-oleh buat keluarga, teman ataupun malah pacar kita. Selain tempat Souvenir ada juga produk makanan khas kayak empeng mlinjo dan lempeng (krupuk puli yang terbuat dari nasi) yang namanya lebih di kenal dengan sebutan lempeng magetan.


Akses Lokasi Menuju Wisata Telaga Sarangan


Untuk mengakses wilayah Telaga Sarangan pun juga cukup mudah karena pemerintah juga sudah membangun jalan antar provinsi yang antara lain menghubungkan antara Magetan-Tawangmangu-Karanganyar dan juga Solo. Namun jangan khawatir buat kamu yang  hanya menggunakan kendaraan umum karena untuk bisa menuju Telaga Sarangan bisa ditempuh melalui dua arah.


Kalau berangkat dari Surabaya, kamu bisa menggunakan bis umum untuk menuju Madiun, lalu setelah itu dilanjutkan ke arah Magetan. Setelah sampai di terminal Magetan kamu bisa naik menggunakan angkutan umum jurusan Sarangan dan akan langsung mengantarkan kamu sampai ke lokasi Telaga Sarangan.


Dan seandainya berangkat dari wilayah Jakarta, Yogyakarta, atau Jawa Tengah kamu bisa naik menggunakan jalur bis maupun kereta api tujuan Solo. Setelah berada di Solo, kamu bisa langsung berganti bus yang mengarah ke Tawangmangu, setelah itu barulah kamu naik angkutan umum yang menuju ke jurusan Sarangan.


Yap! itu dia artikel mengenai Wisata Magetan! Menyusuri Keindahan Wisata Telaga Sarangan. Semoga kalau kamu memang berniat untuk mengunjungi Wisata Sarangan diharapkan kamu sudah tau mengenai hal apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika sudah sampai disana. Kalau begitu selamat Berwisata Ria!