Friday, March 24, 2017

Lezatnya Makanan Khas Turki Ini Akan Bikin Kamu Ngiler!!

Setiap negara pasti punya makanan khas sendiri, begitu pula dengan turki. Sekarang saya akan membahas mengenai Makanan Khas Turki yang bisa bikin kamu ngiler. Don’t lick, but chew. Begitulah slogan toko es krim Mohamed Kambur. Jika umumnya, es krim terasa halus, es krim yang diproduksi oleh Mohammed Kambur merupakan es krim yang renyah, kasar, dan kental.


Ketika kita menambahkan kuning telur pada campuran es krim dan mengaduknya secara konstan sementara adonan es krim tersebut membeku. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah es mengkristal. Namun, bagaimana jika es krim tersebut kasar, renyah, atau kental?


Makanan Khas Turki


makanan khas turki


Es krim khas turki ini, Dondurma, makanan khas turki satu ini memiliki tekstur yang kasar, renyah, serta kental. Hal ini pulalah yang membedakan es krim turki dengan es krim lain. Selain kasar, renyah, dan kental, es krim yang satu ini juga tidak mudah meleleh. Unik bukan? es krim ini adalah salah satu makanan khas turki dengan keunikannya yang tidak bisa meleleh.


Hal tersebut disebakan adanya pencampuran salem yang merupakan tepung yang terbuat dari akar Anggrek Early Purpledan serta mastic yaitu merupakan resin yang menjadikan dondurma menjadi kenyal. Selain itu, mastic juga menjadikan es krim terasa manis dan resin menimbulkan wangi aromatik pada Dondurma.


Es Krim Yang Tidak Bisa Meleleh, Gimana Rasanya Coba??


makanan khas turki es krim dondurma


Dondurma biasanya dijual di gerobak keliling atau toko di depan jalan. Untuk menjaga ketahanan dondurma agar tetap kenyal, pedagang Dondurma mengaduk Dondurma dengan tongkat secara teratur. Terkadang, penjual Dondurma juga sering menggoda konsumen dengan menyajikan es krim cone tersebut pada sebuah tongkat kemudian mengambil kembali es krim cone tersebut dengan tongkat lain ketika konsumen hendak mengambil es krim tersebut. Cara penyajian seperti inilah justru menjadi salah satu daya tarik Dondurma.


Dondurma merupakan salah satu contoh makanan khas turki yang berbahan dasar susu. Selain Dondurma, makanan khas turki berbahan dasar susu umumnya diolah dalam bentuk puding, salah satunya adalah keskul yang merupakan pudding susu yang dicampur dengan kelapa. Selain pudding, makanan khasTurki berbahan dasar susu ada pula yang diolah dengan dipanggang, misalnya puding nasi panggang yang disebut juga Firin Sutlac.


Makanan Khas Turki Firin Sutlac, Mirip Terang Bulan Yaa??


makanan khas turki firin sutlac


Sutlac merupakan susu yang dimasak dengan podeng puding nasi. Dalam pembuatan Sutac, susu dicampur dengan gula, nasi putih yang telah masak dan kanji. Setelah itu, campuran tersebut dioven hingga berwarna keemasan. Sutlac merupakan makanan pencuci mulut favorit segala kalangan dan usia. Tidak hanya di rumah, Sutlacpun disajkan di restoran daging dan ikan, serta café yang menjual makanan pencuci mulut.


Ini Pudding Ashure Lhoo, Kok Kayak Bubur Yaa?? Duh Bingung!


makanan khas turki ashure


Selain sutlac dan keskul, ada pula puding turki yang memiliki nama Asure. Ternyata Asure merupakan makanan pencuci mulut tertua di dunia. Pencuci mulut klasik Turki inipun juga melambangkan keanekaragaman. Puding Asure umumnya disajikan setelah bulan Asyura dan dimasak dengan bahan-bahan sehat lainnya seperti gandum, acang-kacangan, dan buah yang telah dikeringkan.


Selain makanan khas turki yang terbuat dari bahan dasar susu, Turki memiliki makanan khas lainnya, misalnya makanan khas turki yang berbahan dasar buah dan sayuran. Banyak buah segar atau kering yang dimasak dalam setrup hingga menghasilkan cairan yang juga sama pentingnya dengan buah itu sendiri. Makanan pencuci mulut yang terbuat dari aprikot atau daun ara umumnya diberikan topping berupa cream atau walnut.


Tavuk Gogsu, Dari Dada Ayam Tapi Mirip Es Krim!!


makanan khas turki tavuk gogsu


Makanan khas Turki lainnya yaitu dada ayam yang disebut Tavuk Gogsu. Ya, jika ayam umumnya disajikan sebagai menu utama, Turki juga mengolah dada ayam untuk dijadikan makanan pencuci mulut. Mungkin pada awalnya akan terasa aneh, namun setelah mencicipi pencuci mulut berisi suiran dada ayam ini, dijamin, nagih.


Pencuci mulut Turki selanjutnya berbahan dasar kue kering, seperti Baklava, kadayif, Revani, Hanim gobegi, Sekerpare, Yogurt tatlisi Baden tatlisi, dan Lokma.


Kue Kering Baklava


makanan khas turki baklava


Dari sekian makanan khas turki diatas, manakah makanan yang menjadi favoritmu dan pengen sekali untuk kamu coba?? makanya, berwisatalah ke turki untuk bisa menikmati hidangan mantap nan lezat diatas. Pasti yang kamu tau soal makanan khas turki cuman kebab doang bukan? Hayoo, ngaku? padahal bukan hanya kebab saja lhoo, masih banyak makanan yang lainnya yang tentu saja turki punya!


EmoticonEmoticon