Friday, March 17, 2017

Wisata Magetan! Menyusuri Keindahan Telaga Sarangan

Dingin dan menusuk, itulah apa yang akan kamu rasakan jika kamu berkunjung ke salah satu wisata yang ada di magetan. Namanya Telaga Sarangan, yang merupakan danau yang memiliki diameter cukup luas. Telaga sarangan ini juga biasa disebut dengan nama telaga pasir. Sebuah telaga alam yang letaknya berada di kaki Gunung Lawu di daerah Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.


Wisata Telaga Sarangan Magetan sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur atau travelling. Mengingat tempatnya yang begitu dingin dengan suhu diantara 18-25 derajat celcius, sebelum melakukan keberangkatan kita wajib bersiap-siap membawa pakaian yang cukup tebal.  Selain mempersiapkan pakaian yang ada kita pun harus siap secara fisik, tidak lucu kan sampai disana justru kita malah menjadi sakit?


Wisata Magetan! Menyusuri Keindahan Wisata Telaga Sarangan


wisata telaga sarangan magetan


Meski letak wisata Telaga Sarangan ini berada di kaki Gunung Lawu,  jangan kira tempatnya tidak tinggi lhooo karena lokasi telaga sarangan ini berada di ketinggian sekitar 3.265m diatas permukaan laut. Meski tinggi telaga sarangan ini memiliki keindahan alam pegunungan yang menyejukkan mata.


Rasanya tidak akan lengkap jika kita berlibur ke kabupaten Magetan yang ada di Jawa Timur tanpa mengunjungi wisata magetan yang satu ini. Karena wisata sarangan magetan merupakan tempat wisata yang menjadi andalan dari wilayah Jawa Timur Bagian Barat dan merupakan tempat yang wajib untuk kita singgahi.


Lokasi Wisata Telaga Sarangan Magetan


Untuk lokasi wisata Telaga Sarangin ini letaknya berjarak sekitar 16 Km dari arah bagian barat kota magetan dan sekitar sejauh 5 Km jika dari arah tawangmangu. Telaga sarangan ini juga memiliki luas seitar 30 hektar dan untuk danaunya mempunyai kedalaman berkisar 28 meter.


Menyusuri Pesona Sarangan Magetan Dengan Naik Kapal Boat


boat wisata telaga sarangan


Ada 3 cara agar kita bisa menyusuri keindahan yang ada di wisata sarangan, yaitu antara lain dengan:

  • Berjalan kaki
  • Menyewa Boat dan
  • Menyewa Kuda

Supaya kita tidak capek kita bisa menyewa boat yang ada di sekitar pinggiran telaga, untuk harga sewa boat di sarangan pun cukup murah. Dengan harga Rp 60.000, dan 1 boat bisa dinaiki oleh sekitar 5 sampai 6 orang. Dengan harga sewa segitu adalah harga satu putaran mengelilingi telaga dan itu adalah tarif yang sudah ditentukan oleh paguyuban, jadi semua sewa harganya pasti sama.


Asiknya Sewa Kuda di Wisata Sarangan


Jika kita lebih memilih untuk menikmati keindahan wisata sarangan dengan santai kita pun juga bisa menyewa kuda dengan harga yang sedikit lebih murah dibandingan dengan harga sewa speed boat. Yaitu untuk harga sewa kuda di sarangan dipatok dengan harga Rp 50.000, dan itu adalah harga untuk satu putaran telaga. Tarif sewa kuda sarangan pun juga didasarkan atas kesepakatan paguyuban jasa kuda dan dihitung berdasarkan panjangnya rute yang kita tempuh dan fasilitas kuda yang aman.


naik kuda di wisata magetan sarangan


Jika kita lebih memilih untuk sewa kuda, nanti kita akan bisa dengan tenang menikmati hamparan hutan pinus yang ada di sekitar kita. Pesona suasana yang sejuk berjalan menyusuri telaga di lereng gunung. Jika berkunjung wisata disini kita lebih memilih untuk menginap di hotel sekitar sarangan kita pun bisa memanfaatkan waktu pagi hari dengan cara berolahraga mengelilingi sarangan. Pasti asik bukan?


Menikmati Sate Kelinci di Dekat Wisata Telaga


boat wisata telaga sarangan


Pesona lain yang unik dari telaga sarangan adalah kita bisa menikmati makanan khas yang ada di telaga sarangan ini, yaitu menikmati nikmatnya sate kelinci yang dijajakan oleh penjual yang ada di sekitar telaga. seperti makanan sate pada umumnya, sate kelinci ini dihidangkan dengan lontong dan sambal kacang. Untuk harga satu porsi sate kelinci sarangan hanya Rp 10.000 saja.


Namun jika kamu adalah salah satu pecinta hewan yang sangat tidak suka jika hewan imut nan lucu seperti kelinci dijadikan sate maka kamu bisa menikmati makanan yang lainnya seperti bakso atau jajanan ringan biasa.


Lokasi Hotel di Sarangan


Di sekitar lokasi Telaga Sarangan terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Jika kita memang berniat untuk booking hotel di sarangan ada hal yang tidak boleh kita lewatkan sedikitpun yaitu menikmati indahnya panorama telaga sarangan saat malam hari. Di jamin exotis banget apalagi bila ditemani malam berbintang yang tidak ada mendung. Pasti sangat indah jadinya.


Untuk bisa menikmati fasilitas hotel ataupun penginapan yang ada sekitar Telaga Saragan ini kita bisa menyiapkan kocek yang lumayan karena harga hotel di sarangan memiliki harga yang bervariasi. Mulai dari hotel yang memiliki tarif Rp 60.000 sampai Rp75.000 atau bahkan dengan tarif Rp 1.500.000 setiap 24jam pokoknya harga segitu juga ada deh, tinggal lihat aja isi dompet kita berapa.


Membeli Berbagai Macam Souvenir dari Sarangan


Saat berkunjung ke sarangan kita pasti akan menjumpai berbagai fasilitas obyek wisata, misalnya seperti rumah makan, pasar wisata, tempat bermain, sarana telepon umum, tempat parkir, tempat ibadah, dan taman. Lalu yang tak kalah penting lainnya adalah tempat berjualan souvenir dimana kita bisa membeli berbagai macam-macam oleh-oleh disini.


Tempat ini adalah tempat yang tidak boleh kita lupakan untuk membeli oleh-oleh buat keluarga, teman ataupun malah pacar kita. Selain tempat Souvenir ada juga produk makanan khas kayak empeng mlinjo dan lempeng (krupuk puli yang terbuat dari nasi) yang namanya lebih di kenal dengan sebutan lempeng magetan.


Akses Lokasi Menuju Wisata Telaga Sarangan


Untuk mengakses wilayah Telaga Sarangan pun juga cukup mudah karena pemerintah juga sudah membangun jalan antar provinsi yang antara lain menghubungkan antara Magetan-Tawangmangu-Karanganyar dan juga Solo. Namun jangan khawatir buat kamu yang  hanya menggunakan kendaraan umum karena untuk bisa menuju Telaga Sarangan bisa ditempuh melalui dua arah.


Kalau berangkat dari Surabaya, kamu bisa menggunakan bis umum untuk menuju Madiun, lalu setelah itu dilanjutkan ke arah Magetan. Setelah sampai di terminal Magetan kamu bisa naik menggunakan angkutan umum jurusan Sarangan dan akan langsung mengantarkan kamu sampai ke lokasi Telaga Sarangan.


Dan seandainya berangkat dari wilayah Jakarta, Yogyakarta, atau Jawa Tengah kamu bisa naik menggunakan jalur bis maupun kereta api tujuan Solo. Setelah berada di Solo, kamu bisa langsung berganti bus yang mengarah ke Tawangmangu, setelah itu barulah kamu naik angkutan umum yang menuju ke jurusan Sarangan.


Yap! itu dia artikel mengenai Wisata Magetan! Menyusuri Keindahan Wisata Telaga Sarangan. Semoga kalau kamu memang berniat untuk mengunjungi Wisata Sarangan diharapkan kamu sudah tau mengenai hal apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika sudah sampai disana. Kalau begitu selamat Berwisata Ria!

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon