Friday, April 7, 2017

Wisata Ranu Kumbolo!! Pendakian Menuju Puncak Semeru Mahameru

Taukah kamu kalo ada filosofi mengatakan kalau sifat asli  seseorang akan muncul disaat mendaki gunung? Apalagi kalau mendaki gunung seperti gunung semeru mahameru, dimana puncaknya sendiri memiliki ketinggian 3,676 meter di atas permukaan laut. Nanti di dalam perjalanan kamu akan tau mana yang egois, mana yang tulus dan mana yang apatis.


Semua itu akan kelihatan dan kamu akan bisa mengenali mana teman kamu dan mana yang benar-benar teman kamu. Karena rasa capek, dingin, dan lelah saat pendakian membuat ego akan muncul ke permukaan. Mendaki gunung bukanlah untuk menaklukan alam melainkan untuk menaklukan diri kita sendiri, begitulah kata mereka yang sudah sering menjajah ketinggian.



Wisata Semeru Mahameru


Wisata semeru


Gunung semeru yaitu salah satu gunung tertinggi di pulau jawa dan terkenal dengan puncak Mahameru nya, merupakan Gunung berapi yang masih aktif, sudah saya sebutkan diatas kalau tinggi gunung semeru itu sendiri sekitar 3.676 M diatas permukaan laut. Sangat tinggi kan? Maka tidak heran kalo semeru ini sering dijadikan objek untuk pendakian.


Letak geografis gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang dengan posisi koordinat antara 8°06' LS dan 120°55' BT. Untuk bisa menaiki gunung semeru mahameru pulang-pergi, kita perlu waktu kurang lebih 4 hari perjalanan. Kalau dihitung dari pusat Kota Lumajang, dari lumajang setelah 20 menit dari sana kita akan sampai di Desa Senduro lalu selanjutnya nanti kita akan diharuskan untuk melewati hutang yang sangat lebat.


Setelah kita keluar melewati hutan nanti kita akan tiba di Desa Ranu Pani, di sinilah letak pos pendakian berada. Sampai disini kita wajib untuk membuat surat ijin pendakian lengkap dengan berkas yang harus dibawa seperti asuransi jiwa. Setlah kita melengkapi surat dan berkas yang ada barulah kita harus mempersiapkan 1 hal yang tak kalah penting yaitu Mental dan Tenaga guna untuk membuat kita bisa sampai di puncak semeru mahameru.


Namun kalau diarasa kita terlalu lelah saat perjalanan sebelumnya maka kita juga diperbolehkan untuk istirahat terlebih dahulu ataupun kita juga bisa menginap di posnya dulu. hal ini pun diperbolehkan oleh sanga petugas pos guna untuk mempersiapkan diri kita sebelum mendaki.


pendakian wisata semeru


Saat berada di awal jalur pendakian gunung semeru nanti kita akan melihat gapura yang bertuliskan selamat datang, sampai disini kamu teruslah mengikuti jalur yang sudah ada dan disediakan oleh para petugas. Ada 2 jalur yang bisa dipilih dan bisa digunakan namun saya sarankan untuk menggunakan jalur yang aman saja karena itu lebih baik.


Karena jalur yang satu lagi itu sangat curam sekali dan jalur ini biasa digunakan oleh para pendaki lokal saja, yang perlu diperhatikan saat melakukan pendakian terutama gunung semeru ini adalah kita harus berhati-hati dan utamakan keselataman. Silahkan berhati-hati dalam melakukan perjalanan karena selain tidak ada petunjuk arah juga banyak terdapat pohong yang tumbang.


Puncak Mahameru Semeru


puncak mahameru semeru


puncak mahameru


Wisata Ranu Kumbolo


wisata ranu kumbolo


Pada saat di ketinggian 2,390 m diatas permukaan lau antara Ranu Pani dan Gunung Semeru, kamu akan menjumpai danau yang begitu indah namanya Danau Ranu Kumbolo, secara riwayat geologi Ranu Kumbolo ini terbentuk dari kawah Gunung Jambangan yang memadat dan menampung air secara otomatis dan membuat airnya tidak tumpah kebawah. Wisata Ranu Kumbolo hingga kini menjadi potensi objek wisata yang menarik.


Yang menjadi daya tarik dari wisata Ranu Kumbolo adalah pada lapangan dia atas gunung terdapat danau atau telaga yang memiliki air yang jernih sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pesona tempat ini. Namun buat para pendaki, sampainya di Ranu Kumbolo lmerupakan tempat pemberhentian untuk istirahat sambil mempersiapkan pendakian di perjalanan berikutnya.


Daya tarik yang lain dari wisata Ranu Kumbolo ini di pinggir bagian sebelah barat danau ini terdapat peninggalan prasasti yang diduga prasasti ini merupakan peninggalan dari jaman kejayaan Kerajaan Majapahit, namun sampai saat ini masih belum ada kepastian lebih lanjut.


wisata ranu pani


Wisata Ranu Kumbolo ini merupakan salah satu wisata dari 3 telaga air lainnya yang terdapat di wisata gunung semeru. Antara lain adalah:


  • Wisata Ranu Pani
  • Wisata Ranu Regulo dan
  • Wisata ranu Kumbolo

Arti dari kata Ranu sendiri memiliki makna yang berarti Telaga. Sedangkan untuk kata Kumbolo sendiri mungkin dari gunung Regulo, gunung yang berada di jajaran gunung Bromo, Tengger, Semeru sebelum ke puncak Mahamerunya.


Perjalanan berikutnya dari wisata semeru adalah adalah pergi ke arah kali mati, kali mati merupakan padang rumput luas yang berada di tepi hutan cemara, sehingga kamu akan banyak menmukan ranting-rantingt pohon yang bisa kamu gunakan untuk menyalakan api unggun. Ditempat ini juga biasa digunakan oleh paran pendaki untuk beristirahat dengen mendirikan kemah sejenak. Dengan melakukan sedikit perjalanan lagi kamu akan sampai di Arcopodo.


Nah, sesampainya di Arcopodo ini, dari sini sampai ke puncak mahameru diperlukan waktu dari 3 sampai 4 jam, melewati berbagai rintangan seperti bukit pasir yang mudah merosot. Untuk pendakian menuju puncak Semeru, ada baiknya semua barang bawaan di tinggal di Arcopodo ataupun di Kalimati. Sedangkan pendakian menuju puncak mahameru bisa dilakukan pagi-pagi sekali sekitar pukul 02:00 dari kedua tempat tersebut.


Selain guna kita bisa sempat untuk menikmati matahari terbit juga guna untuk menghindari gas beracun, karena kalo pendakian menuju puncak semeru mahameru kita lakukan di siang hari maka angin akan cenderung berhembus ke arah utara menuju puncak dan angin tersebut akan membawa gas beracun dari kawah Jonggring Saloko.


Sebelum melakukan pendakian ada filosofi yang harus dipegang yaitu:


  1. Jangan mengambil apapun selain gambar
  2. Jangan meninggalkan apapun selain jejak dan
  3. Jangan membunuh apapun selain waktu!

Yap itu dia ulasan saya mengenai Wisata Ranu Kumblo! Pendakian Menuju Puncak Semeru Mahameru. Sekian dulu dan Salam Lestari !!

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon